Tren Bisnis Kuliner Terbaru Di Tahun 2021

Tren Bisnis Kuliner Terbaru Di Tahun 2021

Globalelites –¬†Ada banyak alasan gagalnya sebuah perusahaan kuliner. Bukan hanya soal penanganan keuangan perusahaan yang tergesa-gesa atau kekurangan modal, tapi bisa juga karena pengusaha kuliner tidak mau melihat tren kuliner yang sedang berkembang saat ini.

Dengan tren kuliner yang lama, tentunya waktu konsumen akan terus menyusut yang pada akhirnya akan berujung pada industri kuliner. Sementara itu, orang-orang zaman sekarang singgah di restoran atau bar untuk tidak hanya menikmati makanan dan minuman, tetapi juga ingin mengobrol lama dengan teman, menikmati suasana restoran, berfoto dan sebagainya.

Bayangkan jika pelanggan membutuhkan restoran yang sesuai dengan trend atau kekinian, maka jelas konsumen akan semakin banyak dan omset perusahaan akan bertambah.

Bagi Anda yang sekedar ingin memulai bisnis kuliner awal tahun ini atau ingin menyempurnakan konsep restoran, kami telah menyusun studi multi sumber mengenai beberapa tren bisnis kuliner di tahun 2020 yang bisa langsung diterapkan. Dijamin, bisnis kuliner bakal laris manis!

1. Mendesain restoran atau bar yang bisa diposting di Instagram

Desain restoran merupakan poin penting untuk diprioritaskan. Selain makanan, konsumen tidak bisa lepas dari selfie. Dengan cara ini, konsumen akan terlebih dahulu melihat desain restoran untuk memutuskan akan berhenti atau tidak. Jika menunjukkan sangat tidak stabil, konsumen akan berhenti dan sebaliknya.

Karena itulah masih banyak permintaan desain restoran atau cafe yang tersedia di Instagram tahun ini, dengan tema rustic dan minimalis. Agar kedua desain lebih eye catching, jangan lupa untuk menambahkan furnitur dan aksesoris pada ruangan yang sesuai dengan tema pilihan Anda, seperti pepohonan hijau atau bunga kecil yang bisa dipajang di meja mana saja, pajangan karya seni, dan lainnya. Sebaiknya Anda juga memilih proyek yang sejalan dengan bisnis kuliner yang akan dijalankan.

Selain itu Anda juga bisa membuat website untuk mempromosikan cafe Anda dan menggunakan jasa backlink untuk mempromosikannya.

2. Dapur terbuka

Mungkin kebanyakan orang masih bingung dengan konsep dapur terbuka yang satu ini. Bukan berarti pengunjung bisa masuk ke dapur belakang, melainkan dapur terbuka yang berkonsep dapur terbuka. Biasanya restoran yang mengikuti konsep ini menempatkan dapurnya di depan restoran atau bahkan bisa juga di balik dinding kaca.

Dengan begitu, pengunjung bisa melihat sendiri aktivitas atau kondisi di dapur. Hal ini juga memungkinkan pengunjung untuk memastikan bahwa makanan atau minuman yang mereka pesan diproses dengan benar.

3. Musik live

Meskipun pada dasarnya restoran atau bar hanyalah tempat singgah untuk makan, minum dan bersantai sejenak, tidak ada salahnya dengan restoran atau bar yang menawarkan hiburan.

Jika sebelumnya entertainment hanya berupa musik yang diset ke handphone kemudian disambungkan ke speaker, namun trend bisnis kuliner tahun 2020 adalah restoran dan cafe harus menampilkan live music seperti akustik. Berkat hal tersebut tentunya para tamu akan semakin merasa puas dan menambah keseruan.

4. WiFi

Pengunjung restoran atau bar akan langsung bertanya “apakah ada WiFi?” Dengan hadirnya WiFi tentunya akan menambah kenyamanan karena pengunjung akan dapat berbagi momen di media sosial, menyelesaikan tugas dan lain sebagainya.

5. Buka 24 jam

Rasa lapar bisa datang kapan saja sepanjang hari, bahkan di tengah malam, misalnya jam 12, 1 atau 2. Mencari makan di luar saat ini pasti sangat sulit karena kebanyakan restoran dan kafe tutup pada pukul 22.00.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut, nampaknya di tahun 2020 akan banyak restoran dan cafe yang buka 24 jam sehari.Dengan cara ini pelanggan bisa makan kapan saja tanpa perlu khawatir akan jam tutup.

6. Penyajian menu sehat

Menurut Agence France-Presse yang dikutip oleh marketeers.com, minat masyarakat terhadap gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat, terutama makanan vegan, akan meningkat di tahun 2020.