Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Globalelites –¬†Saat ini, banyak orang yang meninggalkan PC atau desktop dan mulai beralih ke laptop yang dianggap lebih praktis dan kompak.

Namun, laptop juga bukannya tanpa masalah. Salah satunya adalah laptop lemot setelah lama digunakan.

Bahkan sebagian dari kalian mungkin pernah mengalami laptop baru yang lemot padahal baru membelinya, band.

Apakah Anda ingin kinerja laptop Anda tetap berjalan cepat dan bebas lag? Nah, kali ini Jaka akan membahas tentang penyebab laptop lemot dan cara mengatasi laptop lemot yang bisa kamu praktekkan.

Mungkin bahkan tanpa aplikasi atau bahkan menginstal ulang, yang harus Anda lakukan hanyalah mengikuti beberapa cara agar laptop tidak berjalan lambat, yang Jaka akan lihat secara detail di bawah ini! Inilah jawaban kenapa laptop lemot seperti Anda.

1. Mengganti hard drive (HDD) dengan SSD

Jika ternyata masalahnya ada pada hard disk drive (HDD) Anda, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mendefragnya untuk memperbarui kinerjanya.

Jika cara menangani laptop Windows 7 yang lemot dan lainnya masih belum efisien, Anda bisa melakukan upgrade ke harddisk terbaru atau menggunakan SSD yang menawarkan performa lebih cepat.

Perbedaan HDD dan SSD selain performanya pasti akan membuat proses booting menjadi lebih cepat dan responsif.

Sangat disarankan menggunakan SSD hanya untuk memuat sistem operasi, karena ukurannya saat ini relatif kecil dan harganya juga cukup mahal dibandingkan HDD.

2. Meningkatkan kapasitas RAM

Selain mengupgrade hard drive, Anda juga dapat mencoba mengatasi laptop lambat di Windows 10 dan lainnya dengan meningkatkan kapasitas RAM laptop yang Anda miliki.

Biasanya, produsen laptop akan membekali komputer Anda dengan RAM berkapasitas 2-4 GB. Meski menjalankan software tersebut saat ini membutuhkan minimal RAM 8 GB, geng.

Untuk ini, Anda dapat menambahkan RAM ke slot yang tersedia. Tapi cek dulu jenis RAM (DIMM atau SODIMM), kapasitas dan kecepatannya, hey!

3. Lakukan perawatan hardware secara rutin

Banyak orang terkadang melupakan hal penting ini, geng. Ternyata agar performa laptop terus meningkat maka perlu dilakukan perawatan hardware dari waktu ke waktu.

Selain membersihkan sampah dari laptop, Anda setidaknya juga harus menemukan cara untuk menangani laptop Windows 8 yang lambat dan lainnya setidaknya setahun sekali.

Lakukan pembersihan mulai dari fan, motherboard, hingga penggantian thermal paste pada prosesor laptop, group. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk menjaga agar laptop tidak berjalan lambat.

4. Gunakan aksesoris dudukan laptop

Salah satu penyebab laptop lemot adalah overheat yang juga berpengaruh pada performa dan performanya. Anda bisa menambahkan aksesoris seperti cooling pad atau kipas ekstra agar laptop tetap dingin.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan vacuum cooler yang juga dapat menyedot udara panas yang juga membantu menjaga suhu laptop tetap dingin.

Cara menangani laptop lemot saat browsing dan melakukan aktivitas lain memang terkesan sepele, tapi dampaknya lumayan terasa, lho.

5. Lakukan pemindaian penuh dengan perangkat lunak antivirus

Virus biasanya meningkatkan performa laptop sehingga akan terasa lamban saat menggunakannya. Salah satu solusi untuk masalah ini tentu saja adalah perangkat lunak antivirus terbaik.

Ada banyak rekomendasi software antivirus laptop yang bisa kamu gunakan. Nah, Jaka juga merekomendasikan untuk melakukan full scan secara rutin minimal seminggu sekali.

Selain itu, jangan lupa matikan juga fitur auto scan agar antivirus tidak berjalan di background dan membuat laptop kamu semakin lambat.